Liburan adalah moment menyenangkan yang sudah pasti di tunggu oleh semua orang, sampai-sampai kamu berdoa dalam hati berharap gak ada hari selain hari sabtu & minggu kan biar bisa liburan setiap hari, ayo ngaku? yaps liburan memang sangat banyak sekali manfaatnya khusunya buat kamu yang memiliki kesibukan super duper sibuk dalam hal pekerjan maupun kuliah agar bisa terhindar dari stres.

Alangkah bahagianya bila kita bisa menginjakan kaki di tempat-tempat indah yang memang kita impikan sejak dulu. Dengan pergi berlibur juga megajarkan kita untuk syukur  kepada sang pencipta dan ikut menjaga semua keindahan yang telah Tuhan ciptakan.

Liburan sangat asyik untuk di nikmatin sendir maupun rame-rame bareng sahabat maupun keluarga tergantung pilihan kamu, nah untuk lebih meyakinkan kamu lagi apakah kamu harus pergi berlibur sendiri atau rame-rame kita bahas semua plus minusnya berlibur sendiri maupun rame-rame di sini.

1. Transportasi

transportasi bus

Liburan sendiri: Karena kamu liburan sendirian, kamu bisa dengan mudah memilih model transportasi yang sesuai dengan isi kantong dan selera kamu selama berada di tempat tujuan. Atau kalau pun kamu lagi pengen menikmati keindahan destinasi yang kamu tuju, kamu bisa dengan simpel berjalan kaki aja. Tapi yang jadi masalah kalau kamu pergi liburannya ke tempat yang mengharuskan kamu gunain transportasi umum buat explore daerah tersebut, trus ternyata biaya transportasinya mahal, yaudah pengeluaran kamu bakal membengkak.

Liburan rame-rame: Kamu bakal ngikutin suara terbanyak dalam menentukan transportasi jenis apa yang akan kalian pilih. Kalau misalnya kamu kepengennya gunain transportasi umum tapi ternyata suara terbanyak milih pengen naik taksi, ya udah deh kamu harus menenggelamkan keinginan kamu tersebut. Tapi enaknya adalah kamu minimal bisa patungan buat bayar transportasi, jadi uang kamu bisa lebih terjaga.

2. Akomodasi

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Liburan sendiri: Penginapan jelas hal yang penting dalam liburan. Nah kalau kamu liburan sendirian, kamu bisa nentuin tuh penginapan yang seusai dengan selera dan biaya kamu. Atau kalau emang duit kamu pas-pasan banget, kamu bisa banget numpang di rumah warga setempat. Jangan pernah berfikir penginapan yang mewah saat liburan sendirian, karena biaya kamu tanggung sendiri. Kecuali duit kamu gak berseri sih!

Liburan rame-rame: Biaya penginapan bisa kamu tanggung bersama. Kamu dan temen-temen kamu bisa milih penginapan yang mungkin terlihat lebih layak gitu deh. Tapi ya gitu deh, kalau kamu pergi ke tempat yang lagi happening banget dan lagi di masa peek season, kemungkinan kamu dapetin penginapan yang buat ramean bakal sedikit. Gak mungkin dong kamu tidurnya pisah-pisah? Gak seriu banget kan. Oiya udah gitu kamu juga gak bisa milih penginapan yang sesuai dengan selera kamu. Ingat, semua ditentukan oleh suara terbanyak.

3. Makan

makan restoran

Liburan sendiri: Lagi-lagi kamu bisa menentukan jenis makanan apa yang pengen kamu makan yang seusuai dengan selera dan biaya kamu. Trus kalau tempat makannya ternyata penuh, kamu bisa sesimpel nyempil gitu deh. Tapi kalau duit kamu pas-pasan, maka kamu harus berhemat banget nih soal milih makan, dan kemungkinan kamu buat nyobain banyak varian makanan pun semakin kecil.

Liburan rame-rame: Uang buat makan mungkin bisa lebih terjaga kalau kamu liburan rame-rame. Yaps, kamu bisa patungan sama temen-temen kamu tiap kali mau makan. Atau kalau emang gak punya duit sama sekali, kamu pun bisa sesimpel minjem aja dulu sama temen kamu yang bawa uang lebih. Tapi yang bikin gak enak adalah kamu gak bisa seenaknya memilih tempat makan yang kamu pengenin. Ingat, semua ditentukan oleh suara terbanyak. Oiya, kalau tempat makannya rame, bukan gak mungkin kamu harus nunggu lama guna mendapatkan meja kosong.

4. Tingkat Keseruan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Liburan sendiri: Kamu bisa pergi ke tempat yang kamu suka tanpa ada intervensi orang lain. Kamu mau ke pantai, kamu mau ke club, kamu mau ke gunung, kamu mau ke red light district, semua terserah kamu. Seru banget kan! Nah tapi kalau ternyata destinasi yang kamu tuju itu membosankan, ya udah kamu nikmatin deh tuh kebosanan sendirian.

Liburan rame-rame: Mau destinasinya asik atau nggak, karena kamu rame-rame maka kamu bisa menciptakan keseruan sendiri. Tapi sekali lagi yang harus kamu ingat adalah segala keseruan tersebut harus beradasrkan azas kebersamaan. Jadi, gak bisa tuh kamu yang lagi pengen banget ke pantai sedangkan yang lain lagi mau ke red light district. Gak seru ah!

5. Drama

berdrama

Liburan sendiri: Sama kayak poin tingkat keseruan, kamu bisa lakuin apapun yang kamu mau dan nentuin kapan kamu mau pergi atau melakukan suatu hal. Jadi kamu gak perlu main tunggu-tungguan gitu deh. Less drama deh pokoknya. Tapi yang gak enaknya adalah kalau kamu harus menghadapi drama yang terjadi antara kamu dan hal-hal yang ada di tempat tujuan, maka kamu harus beresin sendiri.

Liburan rame-rame: Kemungkinan drama terjadi sangat besar. Mulai dari main tunggu-tungguan, milih tempat yang mau dituju, milih tempat makan, semuanya bisa menyebabkan drama kalau kamu liburannya rame-rame. Tapi yang enaknya adalah kalau ada masalah yang terjadi sama hal-hal di tempat liburan, maka kamu bisa tanggung rame-rame tuh masalah. Siapa tau aja kamu pas liburan terjebak di dalam kabin di tengah hutan yang isinya adalah psikopat.

6. Efek yang Didapat

efek yang di dapat

Liburan sendiri: Karena kamu liburan sendiri maka mungkin banget kamu menemukan jati diri kamu yang sebenarnya. Yaps, liburan sendiri bisa jadi proses kontemplasi yang akhirnya membuat kamu jadi pribadi yang matang.

Liburan rame-rame: Kamu bakal lebih mengenal dengan teman kamu, dan persahabatan kamu mungkin akan semakin erat.

Itu dia yang plus minus liburan sendirian dan liburan rame-rame. kamu pilih yang mana? baiknya kamu cobain dua-duanya agar kamu ngerasain sendiri perbedaan liburan sendiri dengan libura rame-rame bareng sahabat maupun keluarga.

Nah satu lagi, biar kamu gak ribet ngurusin ini itu saat mau pergi berlibur sendiri ataupun rame-rame kamu tinggal duduk manis dan sampailah kamu ke tempat yang menjadi tujuan liburan kamu, cari tahu di sini www.tripgabungan.com | www.raja-wisata.com see you gaess.